Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagai informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hardisk, dan sebagainya.

Manfaat Jaringan Komputer

Adapun manfaat jaringan computer bagi manusia menurut Suhardi pakpahan, 1998 : 1, adalah sebagai berikut :

1. Jaringan komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagai printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing unit kerja. Selain hal tersebut di atas, juga untuk lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone.

2. Jaringan komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date, dimana system penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memngkinkan banyak pengguna mengakses data dari lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data ketika diproses.

3. Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Dalam hal ini, transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

4. Jaringan komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien dan efektif, dimana surat elektronok dan penyampaian surat elektronik merupakan substansi sebagian besar system jaringan, disamping system penjadwalan, pemantauan proyek, dan konfrensi online. Jaringan komputer membantu usaha dalam melayani client lebih efisien dan efektif, dimana akses jarak jauh kedata terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani client di lapangan dan client dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen maupun dengan produsen .



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Coment:

Posting Komentar

Popular Posts

About Me

Foto saya
"jadilah manusia yg apa adanya" ........
Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.